Another Templates

Selasa, 14 September 2010

4 langkah sederhana melejitkan potensi diri


Sahabat blog pengembangan diri, potensi tidak akan pernah menjadi prestasi tanpa adanya aktualisasi diri. Dan aktualisasi diri tak akan ada gunanya tanpa ada manfaatnya bagi diri dan sesama. Sepakat dengan pertanyaan ini? terlepas dari sepakat atau tidaknya semua manusia termasuk saya dan anda telah dibekali dan dipersenjatai Tuhan dengan begitu banyak potensi serta kemampuan yang sungguh sangat dahsyat dan luar biasa jika bisa dimaksimalkan dan didayagunakan dengan baik.

Namun sayang seribu sayang, sebagian besar dari potensi dan kemampuan itu masih belum teroptimalkan, kalaupun sudah dimaksimalkan hanya sebagian kecil saja. Menurut banyak ahli, kurang dari 10% saja dari keseluruhan potensi yang baru kita gunakan, artinya lebih dari 90% potensi dan kemampuan yang terpendam itu kita bawa ke liang lahad tanpa pernah kita gunakan!


Sebuah fakta yang sangat ironis dan memiriskan hati, betapa sangat banyak dari potensi itu yang seharusnya dapat anda manfaatkan dan optimalkan. Karena itu mari mulai sekarang, pergunakan waktu yang ada dan tersisa untuk menggelegakkan dan memberdayakan potensi yang masih terkubur itu. 

Caranya? pasti ini yang ingin anda tanyakan bukan? tenang dalam tulisan ini anda akan menemukan 4 langkah sederhana meledakkan potensi menjadi prestasi! oke, sudah siap?...inilah langkah - langkahnya...

1. Pergunakan waktu yang ada sebaik mungkin

Kongkritnya adalah memanfaatkan setiap menit dan detik yang ada dengan tindakan yang bernilai positif untuk perkembangan potensi diri. Misalnya anda ingin menjadi penulis yang handal, yah anda harus mulai sejak sekarang mengkondisikan dan "memaksa" diri anda untuk menggunakan waktu yang ada meski 5 menit saja setiap harinya untuk menulis. Lebih banyak lagi lebih bagus, ini hanya parameter minimum saja.

Tulislah apa saja yang terlintas di benak anda, di pikiran anda...biarkan saja ia mengalir dan mengalir laksana air di sungai....jangan pernah berhenti hingga ide yang ada di kepala anda kering. Selanjutnya anda boleh memeriksa kembali dan mengedit seperlunya. Sederhana bukan?

2. Terus upgrade potensi anda dengan bercermin kepada orang - orang sukses

Baca dan temukan sosok ideal yang anda ingin menjadi. Selanjutnya copy paste saja langkah - langkah bagaimana ia bisa sukses lalu, modifikasi dan sesuaikan dengan kondisi anda. Prinsip in sejalan dengan pola ATM yang terkenal itu. Anda tahu ATM bukan? yah benar, amati, tiru dan modifikasi. Lakukan ini secara kontinu dan konsisten setiap harinya.

3. Lakukan self - sugesti atau afirmasi yang positif pada diri anda setiap waktu

Berikan makanan mental pada diri anda setiap saat dengan mengatakan hal hal yang positif dan membangkitkan motivasi bagi diri seperti "saya makin hari makin sehat, makin kaya, makin sukses, makin bisa mengatur waktu, makin baik dari hari ke hari" ini hanya sekedar contoh. Anda bisa menyesuaikan terserah anda.

4. Bayangkan semua impian dan tujuan hidup anda SUDAH TERCAPAI!


Setelah melakukan self sugesti atau afirmasi diri, selanjutnya bayangkan, rasakan dan resapi bahwa semua impian dan tujuan hidup anda SUDAH TERCAPAI! lakukan ini setiap hari. Tetapi ada dua waktu yang saya pribadi sendiri masih melakukannya hingga sekarang dan saya rasakan sendiri manfaatnya :-) 

Apa itu? Lakukan hal ini pada saat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur! Lakukan ini secara rutin, setiap harinya. Bayangkan secara dettail dan emosionil bahwa anda sekarang sudah mencapai apapun yang anda impikan dan berterima kasilah kepada Tuhan karena SEMUA IMPIAN ANDA SUDAH TERWUJUD SEKARANG!

Demikian 4 langkah sederhana melejitkan potensi diri yang jika anda bisa lakukan secara konsisten sepanjang hari, saya jamin anda akan merasakan hidup anda berubah secara perlahan tapi pasti!

0 komentar:

Poskan Komentar