Another Templates

Kamis, 01 September 2011

SI BODOH YANG TAK PERNAH MENYERAH!!



 Doni adalah seorang siswa sma kelas  11 ips  di salah satu sma pinggiran disurabaya. Dia bukan termasuk anak yang pintar dan juga bukan dari anak orang kaya. Tetapi apa yang special dari cowok yang mempunyai rambut  tebal ini?..

 Walaupun tergolong anak yang bodoh doni juga mempunyai cita-cita yang mulia. Dia ingin menjadi seorang dosen.teman-temanya pun menertawakannya,tetapi itu hal biasa bagi seorang doni.doni mempunyai sahabat yang bernama ardi kelas 11 ipa 3. Ardi adalah siswa berprestasi. Dia sering ikut serta dalam olimpiade matematika.saat mereka berjalan berdua teman2 mereka selalu mengejek doni. Mereka bilang tidak pantas siswa bodoh berteman dengan siswa cerdas. Tetapi ardi selalu membela doni karena ardi percaya bahwa sahabatnya akan bisa bangkit dari keterpurukannya

 Andi.. anak seorang walikota dan dia juga siswa berprestasi sama seperti ardi ,dia juga sekelas dengan ardi. tetapi dia selalu menunjukan kesombonganya dan memperolok doni. Suatu hari pak guru mengadakan ulangan harian. Doni sangat bersemangat dan bertekad menjadi siswa berprestasi.malam sebelum ujian pun. Doni belajar matematika dengan serius hingga larut malam. Esoknya ternyata doni mendapatkan hasil yang buruk. ardi  dan andi pun selalu mendapat hasil sempurna. andi dan teman2nya mengejeki doni. doni bingung kenapa dia gagal. Lalu ardi mendekati doni dan mengatakan “ apakah kamu menyerah”. doni menjawab “ tidak!!!”. Setiap pulang sekolah doni selalu belajar ke rumah ardi.dan seperti biasa andi selalu mngejeknya dan berkata “ sadarlah! Bahwa kau orang bodoh dan takan bisa kau mengubahnya”

 Pelajaran sudah mencapai setengah semester. Dan saatnya pembagian rapor seperti biasa doni selalu mendapat hasil yang mengecewakan. Tetapi ardi dan andi selalu mendapatkan hasil yang memuaskan. Malamnya doni merenung. “ bisakah aku menjadi anak yang pintar????” dia kebingungan. Lalu dia berpikir  “hmm. mungkin cara belajarku yang salah” dia pun membaca-baca buku bagaimana cara belajar yang efektif.

 Sekolahpun mengadakan seleksi tim olimpiade matematika untuk tingkat propinsi.yang dimana seleksinya dilakukan selama dua kali!!  Doni pun tertarik dan mendaftarkan diri. Andi menertawakannya. Tetapi dengan semangat doni berkata pada andi “aku yang menentukan apa aku menjadi bodoh atau pintar!!!”. Andipun bertaruh pada siswa sekelas bila doni lolos seleksi pertama. Dia akan melepas baju di tengah2 lapangan sekolah.ardi mengajari doni hingga betul2 paham.doni bersemangat sekali belajar matematika dia yakin bahwa dia bisa.

 Esoknya tes pertama dimulai jumlah peserta yang berminat sejumlah 50 orang. Mereka terdiri dari siswa2 yang pintar tetapi doni tidak putus asa. Doni tetap percaya diri ia mngerjakan dengan hati2. “teeet!!!” akhirnta bel berbunyi menandakan waktu telah habis. Beberapa siswa keluar dari kelas dengan wajah sedih. Tetapi doni keluar kelas dengan wajah semangat.

 Hasil tes pun diuumumkan ada 25 peserta yang lolos dan hanya 5 orang yang akan ikut olimpiade tingkat propinsi. Ardi berada di posisi teratas dengan nilai tertinggi.sedangkan andi berada di posisi ke 4. Doni pun masih mencari namanya . dia kaget. Ternyata dia ada di posisi terakhir yaitu posisi 25 tetapi dia senang dan berlari keliling sekolah. Dan mengatakan “aku tidak bodoh!!!” . andi pun menepati janjinya. Untuk melepas baju di tengah lapangan. Ia sangat malu dan sangat benci pada doni. Ia berkata pada doni “ itu hanyalah keberuntungan orang bodoh!!! “. Doni menjawab “ tidak ada yang namanya keberuntungan. Adanya kerja keras dan nikmat tuhan”

 Ardi memberi  selamat pada doni. Dan dia makin bersemangat mengajari doni. Doni pun senang. Mereka bersama 23 anak lainya bersiap untuk tes kedua. Tidak disangka nilai2 pelajaran  doni naik sedikit demi sedikit. Tidak seperti andi yang justru menurun. Tes kedua akan dimulai besok. Ardipun member I soal2  pada doni. Untuk dicoba dirumah!

 Tes keduapun dimulai doni mengerjakan dengan bimbang. Menurutnya ini soal tersulit yang dia kerjakan tetapi dia berkata pada hatinya “aku bisa!!!” dia pun tetap semangat . “akhirnya selesai juga” cetus doni. Mereka pun menunggu hasil didepan mading. Ardi berkata pada doni “apapun hasilnya kau harus bisa menerimanya “ doni hanya tersenyum. Tiba2 andi tertawa ”haha.. haha.. hey doni kau takkan bisa lolos!!” donipun hanya diam dan tersenyum. Hatinya sangat berdebar-debar. Hasilpun keluar, sekali lagi ardi menduduki posisi teratas dan lolos mengikuti olimpiade matematika tingkat propinsi. ternyata hasil yang keluar masih 4 nama tinggal satu nama lagi!! Nama andi dan doni tidak tersebuta di hasil mereka berdua berharap nama yang kelima adalah mereka. Pak guru pun mengumumkan bahwa yang lolos adalah andi.. 

 andipun tertawa terbahak-bahak dan menghina doni.donipun sangat kecewa berat
Ardi berkata pada doni “apakah kamu menyerah??” doni menjawab “tidak!!!” doni berjanji akan lebih giat dan mencoba lagi lain kali!!

TAMAT
Akhir cerita orang yang baik pasti berakhir bahagia. Lalu mengapa doni tak bahagia????? Karena itu bukan akhir ceritanya!!! Masih ada kesempatan meraih cita-cita.janganlah mudah menyerah. Tak masalah bagaimana latarbelakangmu tetaplah semangat menuntut ilmu dan berakhlak mulia!!

By : @antoxkenpachi{twitter}

0 komentar:

Poskan Komentar