Another Templates

Sabtu, 01 Januari 2011

kantong plastik dilarang di italia

Tas plastik daur ulang (mifamilia-titipan-Allah.blogspot.com)
BERITA TERKAIT


VIVAnews - Italia mengumumkan pelarangan kantong plastik mulai 1 Januari 2011. Pedagang dan supermarket dilarang menyediakan kantong ini untuk para pembelanja.

Italia sebelumnya menggunakan 20 miliar kantong plastik per tahun, atau setiap orang Italia memakai 330 kantong plastik per tahun. Seperlima dari kantong plastik yang digunakan di Eropa berada di Italia, menurut Legambiente, lobi lingkungan Italia.

Para pecinta lingkungan menyambut baik pelarangan ini. Kantong yang terbuat polyethylene itu mengonsumsi minyak yang lebih banyak dalam pembuatannya, sulit didegradasi dan mudah tersebar sehingga pemandangan.

Daily Mail melaporkan, para pedagang mengeluhkan pelarangan ini mulai efektif 1 Januari 2010 karena bisa menimbulkan kekacauan. 1 Januari ini, mereka harus menyediakan kantong plastik biodegradable, kantong kain atau kertas.

"Anda bicara mengenai revolusi yang sudah berjalan," kata Kepala Sains Legambiente, Stefano Ciafani. Beberapa negara Eropa sudah secara sukarela melakukan pengurangan penggunaan kantong plastik ini.

Kemudian 200 dari 8.000 pemerintahan lokal di Italia telah melarang kantong plastik, termasuk Kota Turino dan Venesia. Banyak jaringan supermarket juga telah menggunakan kantong yang biodegradable meski tidak senasional.

Undang-undang pelarangan ini disusun pada Desember 2006, dengan target asli penerapan Januari 2010. Pelarangan ditunda setahun karena oposisi industri namun akhirnya Menteri Lingkungan mengeluarkan aturan pelaksananya untuk awal 2011 ini.

0 komentar:

Poskan Komentar